Rahasia Tiket Penerbangan Murah

6 Mar

Unik tapi Fakta –Dalam penerbangan Denpasar menuju Jakarta, ekspatriat pria menyentuh lengan pramugari dan meminta air, “Bolehkah saya meminta air?” ungkapnya.“Harganya dua belas ribu rupiah” Jawab sang pramugari. “Apa ada minuman yang tidak bayar?” tanyanya bingung. “Semua minuman dan makanan yang diedarkan di sini tidak ada yang gratis.” Terang sang pramugari. Dengan wajah masih bingung ekspatriat ini mengeluarkan dompet dan memberikan selembar uang lima puluh ribuan dan meneguk air putih ukuran 60 ml itu.

Terbang dengan maskapai yang menerapkan harga murah memang menyenangkan. Anda bisa jalan-jalan tanpa harus mengeluarkan uang banyak. Pemesanan tiket pun mudah. Tinggal duduk di depan komputer dan memilih destinasi serta waktu penerbangan. Pembayaran langsung dilakukan secara online dengan memasukkan kartu kredit.
Untuk menikmati penerbangan dengan maskapai murah, Anda harus tahu triknya!
Meski ber-tagline murah, harga tiket ini tidak selalu semurah yang Anda harapkan. Bahkan ada kalanya Anda dibuat kaget dengan harga yang cukup tinggi. Nyaris tidak beda jauh dengan maskapai umum. Terutama jika Anda melakukan pemesanan hanya beberapa hari dari waktu keberangkatan. Semakin lama jarak waktu pemesanan, semakin murah harga yang Anda dapat. Jika Anda berniat melakukan liburan panjang, terutama ke luar negeri, harus rajin-rajin membuka internet dan memeriksa promo yang dilakukan maskapai murah.
Di bulan Februari, Air Asia biasanya memberikan 1 juta tiket gratis. Anda hanya perlu membayar pajak penerbangannya saja. Begitu juga dengan Tiger Airways yang memberikan promo sejenis di bulan yang sama. Anda bisa berjalan-jalan ke Singapura, Thailand, Vietnam dan Australia dengan harga terjangkau. Di bulan tertentu seperti valentine, festival keagamaan, hari kemerdekaan biasanya ada promo. Atau jika maskapai yang bersangkutan membuka rute perjaanan baru, Anda bisa mendapatkan harga murah. Intinya, kalau mau murah, Anda dituntut untuk lebih rajin memeriksa dan membandingkan harga satu maskapai dengan lainnya.

Barang Bagasi Harus Selalu Terbang Bersama Anda

Harga penerbangan yang murah biasanya tidak termasuk bagasi pesawat. Jadi pastikan bawaan Anda juga terbang bersama Anda
. Pesan bagasi saat anda melakukan pemesanan online. Jika Anda tipe orang yang suka belanja oleh-oleh di setiap tempat yang Anda datangi, jangan hanya memesan bagasi 15-20 kg saja. Ada baiknya Anda memesan bagasi 30 kg. Harga extra baggage biasanya cukup menguras kantong.
Terutama untuk penerbangan internasional, seorang teman harus membayar harus membayar lebih dari 150 dollar Amerika karena kelebihan berat barang yang dibawanya. Alhasil, bukannya murah, tapi justru malah mahal. Beberapa penerbangan murah di Amerika juga menerapkan ketentuan yang hampir sama. Harga tiket tidak termasuk bagasi untuk koper dan tas pakaian Anda.

Frequent Flyer Digandeng Dengan Partner Lain

Sekarang ini, setiap maskapai penerbangan menerapkan program frequent flyer yang digandeng dengan partner lain. Di Indonesia, maskapai penerbangan memilih kartu kredit sebagai rekanan. Setiap Anda terbang, ada poin yang ditambahkan pada kartufrequent flyer. Bahkan jika belanja keperluan sehari-hari, poin yang Anda dapatkan bisa ditukar dengan mileage. Jadi Anda mendapatkan kesempatan menukar mileage dengan tiket gratis ke lokasi impian. Dengan kartu kredit, Anda juga bisa mendapatkan diskon tambahan saat membeli tiket secara .online.


Pajak Tambahan

Jangan girang dulu ketika Anda melihat harga tiket Jakarta-Singapore hanya 90 ribu rupiah. Atau harga tiket Jakarta-Bangkok hanya 20 dollar AS. Harga yang Anda lihat biasanya baru harga dasar belum ditambah pajak bahan bakar atau fuel tax.
Setelah ditambah pajak, harga tidak lagi sensasional. Biasanya setelah ditambah pajak, harganya masih tergolong murah, tapi ada kalanya harganya jadi sama dengan penerbangan komersial lainnya. Kalau sudah begini, Anda harus berpikir ulang untuk membeli tiketnya.

Tidak Ada Makanan Dan Minuman Di Pesawat

Harga tiket penerbangan bisa murah karena pihak maskapai memotong biaya tambahan termasuk untuk penyediaan makanan dan minuman bagi penumpang. Jadi, jika Anda memutuskan naik pesawat murah, harus membeli makanan dan minuman di atas pesawat.
Harga minuman biasanya 3-5 kali lipat dari harga biasa. Makanan berkisar antara Rp. 15.000 – Rp. 35.000. Jangan coba-coba membawa makanan sendiri kalau tidak ingin ditegur secara keras oleh pramugari.

Siap-Siap Delay

Namanya juga murah, telat-telat sedikit sih sudah umum, tidak perlu ngomel-ngomel apalagi mengamuk. Tidak selamanya penerbangan Anda di delay. Tapi ada baiknya Anda siap-siap jika pesawat Anda delay.

Bawa Bekal Selimut

Penerbangan murah bisa lebih murah lagi jika Anda mengambil penerbangan malam. Sayangnya, penerbangan murah tidak menyediakan selimut buat Anda melawan dingin. Pastikan Anda membawa jaket tebal untuk membuat penerbangan Anda nyaman.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: