Inilah Orang Bertelinga Terkuat di Dunia

24 Mar

Unik tapi Fakta – KUPING siapa paling terkuat di dunia? Guinness World Record menyebut nama Zafar Gill, seorang Pakistan yang pada 30 September baru lalu berhasil memperagakan kekuatan kuping kanannya dalam festival pemecahan rekor dunia yang berlangsung di Vienna, ibukota Austria, dengan mengangkat beban seberat 61,7 kg selama tujuh detik. Dengan rekor tersebut, sekaligus Zafar berhasil memperbarui rekor atas namanya. Pada 2004 Zafar berhasil menggeser Li Jian Hua asal Jiangshan, China, yang selama enam tahun memegang rekor kuping terkuat (50 kg selama 9,3 detik, 1998). Hanya selisih 1,7 kg, Zafar menggukuhkan namanya dalam Guinness Book of Record sebagai pemilik kuping terkuat di dunia.

Penampilan Zafar cukup menyedot perhatian pengunjung saat itu. Maklumlah beban yang diangkat dengan kupingnya tidak main-main, hampir 62 kg (137 pon). Untuk pemanasan lelaki yang memiliki berat 90 kg ini, memulai dengan mengangkat beban seberat 30 kg. tapi sebelumnya Zafar memakai pelindung khusus yang dipakai dari kepala hingga telingga. Maksudnya adalah melindungi telinga dan pelipisnya agar tidak terluka akibat beban berat. Setelah pemanasan sejenak, Zafar pun mulai mengangkat beban 61,7 kg itu. Zafar sempat terlihat sedikit meringis, namun dia berhasil mengangkat beban itu setinggi 10 cm dari tanah selama tujuh detik. Menurut Zafar, ia rajin melatih kekuatan kupingnya setiap waktu. Tidak hanya saat ia mempersiapkan untuk tampil dalam sebuah event. Ia juga mengaku selama ini tidak mengalami masalah pada kupingnya, termasuk gangguan pendengaran.


Helicopter dan Boeing 747
Selain Zafar yang juga menjadi bintang dalam pemecahan rekor itu adalah pria terkuat di Austria, Franz Muellner. Lelaki yang juga pemegang rekor dunia ini mempertunjukkan kemampuannya menarik lori seberat 60 ton sepanjang 30 meter hanya dengan menggunakan tali yang dipasang antara pinggang dan selangkangan. Tahun lalu dalam festival yang sama Muellner yang bertubuh kekar itu berhasil menarik helicopter seberat 1,8 ton yang masih terbang untuk mendarat.
Prestasi hampir senada juga pernah diukir mantan orang terkuat dari Australia, David Huxley yang berhasil menarik pesawat boeing 747-400 dengan berat total 184 ton. Huxley berhasil menarik pesawat itu sejauh 91 meter dalam waktu 1 menit 27 detik pada 15 Oktober 1997 di Sydney Australia. Rekor dunia ini terpecahkan hingga kini. Huxley sendiri telah mengundurkan diri dalam ‘arena orang terkuat dunia’ dan tidak berminat lagi untuk memecahkan rekor. Ia kini giat mengembangkan usahanya dalam bidang event management sambil menunggu siapa kira-kira yang mampu menandingi rekornya. (http://semut-angkrang.blogspot.com/)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: