Nasabah ATM, Hati-Hati dengan Skimmer

3 Apr

Unik tapi Fakta – Gambar di bawah ini adalah apa yang dikenal sebagai Skimmer, atau perangkat dibuat untuk ditempelkan ke mulut ATM dan diam-diam menggesek kartu debet kredit dan informasi ketika nasabah bank memasukkan kartu mereka ke dalam mesin untuk bertransaksi. SKIMMERS telah ada selama bertahun-tahun, tentu saja, tetapi pencuri secara terus-menerus memperbaiki mereka, dan perangkat digambarkan di bawah ini adalah contoh sempurna dari evolusi itu.

Skimmer khusus ini ditemukan 6 Desember 2009, melekat pada depan sebuah ATM Citibank di Woodland Hills, Calif.

Ini adalah pekerjaan profesional: Perhatikan bagaimana alat tersebut terpasang dengan tepat. Juga, lihat kamera pada lubang kecil (digambarkan di bawah), jelas dimaksudkan untuk mengaktifkan dan merekam gerakan korban ketika ia memasuki PIN mereka di ATM.

Sulit untuk mengetahui apakah ini merupakan Skimmer buatan sendiri, atau yang dibeli dari forum online kriminal. Beberapa SKIMMERS dijual di forum ini sangat canggih, menggabungkan fitur seperti kemampuan untuk mengirim pesan teks SMS ke pencuri ‘ponsel setiap kali kartu digesek baru.

Semalam, Kapoltabes Denpasar Kombes Pol Gede Alit Widana telah menemukan alat skimmer itu di sebuah mesin ATM. Bagaimana bentuk skimmer tersebut, apakah sama seperti gambar di atas, Gede akan memperlihatkannya hari ini.

Menurut Gede, alat ini dipasang di mulut ATM. Kemudian, dipasang kamera kecil tak jauh dari mesin ATM tersebut. Sementara tak jauh dari lokasi tersebut pelaku memantau transaksi nasabah via laptop.

“Nanti kita akan mengundang kepala bank di Bali. Alat ini akan kita demokan di depan mereka sehingga mereka bisa mengetahui modus operandi pelaku dan pola antisipasinya,” paparnya.

Skimmer ini bisa ditangkis dengan alat anti-skimmer. Menurut ahli forensik digital, Ruby Alamsyah, sejumlah ATM di Indonesia telah dipasangi alat anti-skimmer. Hanya saja jumlahnya baru sedikit.

Bagaimana menghindari Skimming?

* Kenali mesin ATM yang digunakan dengan baik.
* Kalau bisa, gunakan ATM di lokasi yang sama sesering mungkin sehingga akan terlihat jika terjadi perubahan.
* Perhatikan bila ada hal aneh pada mesin ATM seperti goresan, bercak, selotip, bekas lem dan hal-hal mencurigakan lainnya.
* Jika menemukan perubahan atau keganjilan pada ATM, laporkan pada pihak Bank dan tunda/jangan lakukan transaksi.
* Upayakan untuk mengakses ATM yang ada di dalam bank atau di lokasi yang ramai dan terang untuk meminimalisir risiko.
* Untuk penggunaan kartu di luar ATM (pada tempat belanja atau restoran) selalu perhatikan apa yang dilakukan petugas pada kartu dan tanyakan jika ada perilaku yang aneh.
* Jika digunakan saat berbelanja, kartu harusnya hanya digesekkan pada mesin resmi dan mesin kasir, tanyakan pada petugas bila menggesekkan kartu ke alat lain (terutama jika alat itu ada di tempat tersembunyi seperti di balik meja).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: