Plat Nomor Termahal Ketiga Dunia

10 Apr

Unik tapi Fakta – Negeri kaya minyak Uni Emirat Arab memang gudangnya orang-orang kaya. Sebab setelah negara tersebut tercatat memiliki dua plat mobil termahal di dunia saat ini, akhir bulan mereka kembali mencatatkan rekor baru.

Sebuah plat nomor mobil satu digit bernomor “7” akhir bulan lalu berhasil terjual dengan harga 17 juta dirham (US$ 4,6 juta) atau sekitar Rp 41,6 miliar dalam sebuah pelelangan. Wow.

Dengan harga tersebut, plat nomor 7 itu pun menjadi plat nomor tiga termahal di dunia bersanding dengan plat nomor bergengsi lain yang juga dimiliki orang-orang Arab.

Sebelumnya plat mobil bernomor 1 berhasil terjual seharga US$ 14,2 atau sekitar Rp 128,43 miliar yang dibeli oleh pengusaha Uni Emirat Arab bernama Said Khouri pada tahun 2008 silam dan menjadi plat nomor termahal di dunia hingga saat ini.

Sementara plat nomor termahal kedua adalah plat bernomor 5 yang berhasil dijual dengan harga US$ 6,86 juta atau sekitar Rp 62 miliar juga oleh seorang warga Uni Emirat Arab.

“Saya pikir ini masalah pengakuan. Hari ini memiliki Ferrari saja tidaklah cukup. Orang ingin nomor cantik di mobil mereka. Itu membuat mereka jadi lebih populer dibanding para pengendara Ferrari lainnya,” ujar perusahaan penyedia plat nomor di Uni Emirat Arab, Muhammad Kashif seperti detikOto kutip dari Arab News, Jumat (9/4/2010).

Karena itulah tidak heran bila setiap pelelangan nomor cantik disana selalu saja ramai dikunjungi. Akhir bulan lalu saja, perusahaan Khouri itu mendapat 50 juta dirham atau sekitar Rp 123,13 miliar dari pelelangan 72 plat bernomor cantik.

Secara umum plat nomor kendaraan di Uni Emirat Arab memiliki 5 buah digit yang acak, jumlah angka yang lebih sedikit berarti harganya semakin tinggi. Sebuah plat nomor dengan empat digit bisa di dapat dengan biaya sekitar 5.000 dirham atau sekitar Rp 12,3 juta.

Harga tersebut akan semakin membengkak bila plat nomor itu menyediakan beragam nomor cantik yang mudah di ingat seperti ‘4576’ atau ‘4444’ misalnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: