Pertama diDunia, Ada Pisang Berwarna Biru

19 May

Unik tapi Fakta – Selama ini kita biasa menemui buah pisang yang berwarna kuning, atau sesekali ada juga yang berwarna hijau, bahkan tidak jarang kita temukan pisang yang berwarna coklat agak kehitaman. Lalu, bagaimana kalau pisang yang berwarna nyentrik, seperti warna biru?

Baru-baru ini ditemukan pisang yang berbeda dari biasanya, yaitu pisang berwarna biru. Buah tropis ini sendiri merupakan hasil eksperimen dari beberapa para ilmuwan yang berasal University of Innsbruck (Austria) dan Columbia University (New York, AS)

Tim peneliti, yang terdiri dari beberapa ilmuwan tersebut menjelaskan, fenomena pisang berwarna biru ini sendiri merupakan yang pertama kali terjadi di dunia. Mereka memaparkan, pisang ini bisa berwarna biru akibat dari degradasi klorofil yang mematangkan buah tersebut, setelah itu dispektrum dengan menggunakan sinar ultraviolet.

Klorofil adalah kelompok pigmen fotosintesis yang terdapat dalam tumbuhan atau buah-buahan, yang menyerap cahaya merah, biru, dan ungu, serta merefleksikan cahaya hijau yang menyebabkan tumbuhan atau buah-buahan tersebut memperoleh ciri warnanya.

Selain itu pula terdapat kloroplas yang memanfaatkan cahaya yang diserap itu sebagai energi untuk reaksi-reaksi cahaya dalam proses fotosintesis.

Kini, para ilmuwan tengah menyempurnakan buah pisang biru itu agar dapat menstabilkan jangka hidup yang lama. Saat ini, pisang tersebut masih belum bisa dimakan oleh manusia, karena, belum ada cara yang tepat untuk membuat pisang ini matang. Sehingga nantinya mungkin saja bisa dibudidayakan secara luas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: