Perhargaan Teraneh Di Dunia

16 Oct

Aneh – Ig Nobel atau dalam struktur bahasa inggris berasal dari kata ignoble yang berarti sesuatu yang tidak berdasar atau tidak memiliki arti adalah sebauh penghargaan yang memparodikan hadiah nobel. Penghargaan ini diberikan menjelang diumumkannya hadiah nobel setiap awal bulan Oktober sejak tahun 1991. Penghargaan ini diberikan untuk “mereka yang awalnya dapat membuat orang tertawa, namun kemudian membuat mereka berpikir”. Penghargaan ini secara rutin diberikan oleh majalah humor sains Annals of Improbable Research (AIR) dan diselenggarakan di Sander’s Theatre di Harvard University.

piala

 Setiap pemenang penghargaan diberi kesempatan 60 detik untuk berpidato. Jika melewati waktu, seorang anak kecil berusia 8 tahun berteriak “Tolong berhenti, saya bosan”. Setelah memenangkan penghargaan ini, penerima Ig Nobel diberi kesempatan menjelaskan karya mereka dalam bentuk kuliah di Massachusetts Institute of Technology, institut teknologi paling bergengsi di dunia itu.

Pada tahun 1995, penghargaan ini sempat dikritik oleh Robert May, kepala penasehat ilmu pengetahuan untuk pemerintah Inggris karena beresiko membuat para peneliti Inggris melakukan eksperimen yang aneh dan tidak wajar. Robert May meminta agar penghargaan ini tidak diberikan lagi kepada ilmuwan Inggris. Meskipun demikian, hampir tidak ada yang mendukung pernyataan Robert May tersebut.
Seperti hadiah nobel yang asli, Ig Nobel memberikan penghargaan dalam berbagai bidang seperti fisika, kimia, kedokteran, sastra, ekonomi, dan perdamaian. Beberapa tambahan yang tidak ada dalam hadiah nobel biasa adalah penghargaan di bidang teknik, biologi, arkeologi, kesehatan masyarakat, dan penelitian di luar kedisiplinan biasa.
Berikut adalah daftar pemenang hadiah Ig Nobel untuk tahun 2008:
Arkeologi: Astolfo Gomes de Mello Araujo dan Jose Carlos Marcelino atas usahanya menunjukan bahwa armadilo bisa menggali artefal sedalam beberapa meter pada sebuah situs arkeologi.
Biologi: Marie-Christine Cadiergues, Christel Joubert, dan Michel Franc atas usahanya yang menunjukan bahwa kutu yang hidup pada anjing dapat melompat lebih tinggi dibandingkan kutu yang hidup pada kucing.
Kimia: Sheree Umpierre, Joseph Hill, dan Deborah Anderson atas penelitian mereka yang menunjukan bahwa Coca Cola adalah alat KB yang efektif.
Pengetahuan Kognitif: Toshiyuki Nakagaki, Hiroyasu Yamada, Ryo Kobayashi, Atsushi Tero, Akio Ishiguro, dan Ágota Tóth atas usaha mereka menunjukan bahwa jamur tertentu dapat menyelesaikan puzel.
Ekonomi: Geoffrey Miller, Joshua Tyber, dan Brent Jordan yang menemukan bahwa penari erotis menerima lebih banyak upah ketika dalam keadaan subur.
Sastra: David Sims atas karyanya “You Bastard: A Narrative Exploration of the Experience of Indignation within Organizations” (Kamu Bodoh: Sebuah Narasi Eksplorasi atas Pengalaman Emosional Tanpa Organisasi)
Kedokteran: Dan Ariely untuk demonstrasi bahwa obat palsu yang mahal lebih efektih dibandingkan obat palsu yang murah.
Nutrisi: Massimiliano Zampini dan Charles Spence yang membuktikan bahwa makanan yang lebih enak di dengar maka rasanya pun akan lebih enak.
Perdamaian: Komite Etika Federal Swiss dan warga Swiss yang menerapkan hukum bahwa tumbuhan punya hak asasi.
Fisika: Dorian Raymer dan Douglas Smith untuk membuktikan bahwa segumpal kawat atau rambut pasti mudah kusut.

Golden Raspberry Award

pialaGolden Raspberry Award atau Razzie Award adalah penghargaan yang diberikan bagi insan perfilman terburuk di Amerika. Penghargaan ini diberikan sebagai oposisi terhadap penghargaan Oscar yang memberikan penghargaan bagi insan perfilman terbaik di Amerika. Waktu pengumuman nominasi dan pemberian hadiah juga hanya berbeda sehari dengan Oscar.
Golden Raspberry Award pertama kali dilaksanakan pada tahun 1981 oleh John Wilson. Tujuannya untuk memberikan penghargaan bagi gambar terburuk, sutradara terburuk, aktor dan aktris terburuk, aktor dan aktris pendukung terburuk, prequel atau sequel terburuk, adegan terburuk, adegan berpasangan terburuk, remake film terburuk, pendatang baru terburuk, dan soundtrack film terburuk. Jumlah hadiah yang diterima maksimal adalah US$ 5. Pemilihan nominator dilakukan oleh anggota Golden Raspberry Award Foundation (GRAF) yang terbuka untuk umum.
Kadang yang menerima penghargaan ini menolak untuk menerimanya dengan ikhlas. Namun ada pula penerima yang dengan besar hati menerima penghargaan ini. Berikut adalah penerima penghargaan yang dengan sukarela menerimanya:
1987: Bill Cosby memenangi tiga penghargaan Razzie Award sebagai aktor terburuk, gambar terburuk, dan adegan terburuk untuk film nya Leonard Part 6. Meski Cosby sempat mengecamnya, namun dengan tropi emas 24 karat yang diterimanya, Cosby akhirnya menjadi orang pertama yang menerima penghargaan terburuk tersebut untuknya.
1992: Tom Selleck menerima penghargaan Razzie-nya sebagai aktor pendukung terburuk atas performanya sebagai Raja Ferdinand dari Spanyol pada film Christopher Columbus: The Discovery selama episode The Chevy Chase Show
1997: Penulis skenario film Brian Helgeland menjadi orang pertama yang menerima Oscar dan Razzie Award secara bersamaan. Ia memenangi penghargaan adaptasi skenario terbaik untuk Academy Award atas film L.A. Confidential dan skenario terburuk untuk film Kevin Costner’s The Postman. Meski tidak hadir pada upacara seremoni Razzie Award, namun Helgeland bersedia menyilangkan piala Razzie dan Oscar secara bersamaan dan mengatakan sebagai “sebuah keunikan alam” dari Hollywood.
1999: Wild Wild West menerima lima penghargaan Razzie.
2000: Meski secara pribadi tidak menerima, Barry Pepper yang memenangi penghargaan sebagai aktor pendukung terburuk atas filmnya Battlefield Earth hadir pada seremonial Razzie Award.
2001: Tom Green menerima lima Razzie Award dan berkata, “Saya ingin mengatakan bahwa saya tidak pantas menerima ini lebih banyak dibandingkan semua orang yang berada di sini… oh Tuhan, saya ingin mengatakan itu. Saya tidak berpikir itu menjadi kenyataan.”
2004: Halle Berry secara teatrikal mengeluarkan emosinya pada upacara penganugrahan Razzie Award bahwa ia menyesal telah menerima piala Oscar yang ia raih pada tahun 2002 sebagai aktris terbaik pada film Monster’s Ball dan membuatnya harus menggenggam Oscar dan Razzie Award di kedua tangannya. Berry memenangi penghargaan sebagai aktris terburuk pada film Catwoman.

Stella Award

Stella Award adalah penghargaan yang diberikan bagi orang-orang yang melakukan gugatan paling konyol di Amerika Serikat. Mereka mendapat ganti rugi besar justru karena ulah dan kekonyolannya sendiri dan pememang penghargaan ini adalah mereka yang melakukan gugatan paling konyol dan nekat.
Nama Stella Award sendiri berasal dari Stella Liebeck. Nenek berusia 81 tahun ini pada tahun 1992 membeli sebuah kopi di kedai McDonald. Namun kopi tersebut tertumpah olehnya sendiri dan menyebabkan kulitnya terkena luka bakar. Nenek Liebeck kemudian mengajukan gugatan atas McDonald ke pengadilan dan meraih uang ganti rugi sangat besar US$ 2,9 juta. Penghargaan ini kemudian didukung oleh organisasi pengacara Amerika Serikat.
Untuk tahun 2008 ini, ada beberapa nominator. Beberapa diantaranya adalah:
Kathleen Robertson dari Texas yang memenangkan ganti rugi dari dewan juri sebesar US$ 780.000 setelah ia menggugat sebuah toko furnitur. Robertson menggugat toko itu karena pergelangan kakinya patah setelah tersandung anak laki-laki yang berlarian di dalam toko tersebut. Pemilik toko furnitur sangat terkejut terhadap isi putusan tersebut, mengingat anak lelaki yang itu adalah anak kandung Robertson sendiri.
Carl Truman dari Los Angeles. Pria berusia 19 tahun ini memenangkan ganti rugi sebesar US$ 74.000 dan biaya perawatan kesehatan setelah tetangganya melindas tangannya dengan Honda Accord. Truman tampaknya tidak menyadari bahwa tetangga pemilik Accord tersebut sedang berada di balik setir mobil itu ketika Truman berusaha mencuri velg mobil tersebut.
Amber Carson dari Lancaster, Pennsylvania. Carson mendapat ganti rugi US$ 113.500 setelah ia terpeleset genangan minuman ringan yang menyebabkan tulang lengannya patah. Minuman itu bisa berada di lantai karena Carson melempar minuman itu pada pacarnya ketika bertengkar 30 menit sebelumnya.
Kara Walton dari Delaware. Walton sukses menggugat sebuah night club ketika ia terjatuh ke lantai dari jendela WC umum night club tersebut. Kejadian itu menyebabkan patahnya dua gigi depan Walton. Kejadian itu terjadi ketika ia mencoba menyelinap melalui jendela WC demi menghindari membayar cover charge sebesar US$ 3.50. Ia mendapat ganti rugi sebesar US$ 12.000 dan biaya perawatan gigi.
Merv Grazinsky dari Oklahoma City. Pada November 2001, Grazinsky membeli sebuah mobil caravan Winnebago sepanjang sekitar 9 meter. Dalam perjalanan pertamanya menuju rumah, ia melewati jalan tol dengan kecepatan pada 70 km/jam. Lalu dengan santai, Grazinsky meninggalkan kursi supir ke belakang untuk membuat secangkir kopi . Tanpa kendali, kendaraan itu keluar dari jalan tol, menabrak, dan terguling. Grazinsky menggugat Winnebago karena tidak menyebutkan dalam buku petunjuk bahwa kendaraan itu tidak bisa melakukan hal tersebut. Ia mendapat ganti rugi sebesar US$ 1,75 juta plus sebuah Winnebago baru. Akibat kasus ini, Winnebago akhirnya mengubah buku petunjuknya. Dan pemenang tahun ini adalah Merv Grazinsky. Ia mendapat ganti rugi terbesar diantara gugatan konyol lainnya.piala

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: