Asal Mula Barbie (Mattel)

8 Nov

Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia

‹img src=http://”menulis-fiksi.gif”?w=103&h=126 alt=”menulis fiksi”/›Siapa yang tidak kenal Barbie ? Boneka perempuan dewasa yang paling terkenal dan paling banyak disukai diseluruh dunia  Bahkan di Amerika dijadikan simbol jati diri perempuan. Seperti kisah yang kita dengar, bahwa Barbie diciptakan oleh perusahaan Mattel. Nama Barbie diambil dari nama anak Ruth Handler sang kreatornya. Ruth sendiri bersama Elliot suaminya adalah pemilik  Mattel, sebuah manufaktur boneka di Amerika.
Menurut (versi) Mattel, desain Barbie diciptakan oleh Ruth Handler dengan inspirasi sebuah boneka asal Jerman bernama Bild Lili. Saat itu di tahun 1956, Ruth Handler yang sudah menjadi wanita pengusaha, bersama suami dan kedua anaknya berkunjung ke Lucerne, di Switzerland. Disana dia tertarik pada sebuah boneka wanita dewasa yang diberi nama Lili oleh pembuatnya. Dia tertarik karena Lili sangat berbeda dengan boneka di zaman itu yang umumnya berbentuk bayi lucu dan imut. Setelah membeli dan membawanya pulang, Ruth lalu mengirimkan dua orang karyawannya ke Jepang membawa boneka Lili untuk mencarikan perusahaan manufaktur yang bisa membuatkan boneka serupa. Dan akhirnya bisa ditebak. Saat diluncurkan Mattel, Boneka Barbie mencatat kesuksesan luar biasa.
Tapi, konon menurut beberapa sumber, pencipta boneka Barbie sebenarnya adalah Rolf Hausser. Ceritanya, pada 1952, lahir sebuah karakter kartun bernama Lili di surat kabar Jerman (Bild Zeitung). Terinspirasi oleh karakter kartun tersebut, pada tahun 1955, kartunisnya (Beuthin) memiliki ide untuk menjadikan Lili sebagai boneka. Ia pun bertemu dengan Rolf bersama saudaranya Kurt, pembuat boneka, dengan perusahaan mereka O&M Hausser, yang akhirnya mengkreasikan wujud asli boneka tersebut.
Boneka Lili diluncurkan ke pasar pada 12 Agustus 1955, dan mencatat kesuksesan penjualan yang luar biasa. Salah satu pembeli boneka Lili pada saat itu, yah si Ruth Handler saat dia berlibur ke Swiss. Saat mengetahui karakter boneka Lili-nya ditiru oleh Mattel, Rolf tak punya pilihan lain selain menjual patennya itu ke Mattel. Perusahaannya, O&M Hausser kemudian bangkrut tak lama setelah ia menjual hak patentnya itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: