Asal Mula Jeep

8 Nov

Mobil Keluarga Ideal Terbaik IndonesiaSejarah keberadaan mobil Spesies ini dimulai pada 1939. Pada saat AS yang tengah terlibat Perang di Eropa menyerukan kepada produsen mobil AS untuk menghasilkan kendaraan militer baru yang bisa menggantikan peran sepeda motor, sepeda motor tandem, serta mobil yang biasa mereka gunakan.
Militer AS mengirimkan spesifikasi yang mereka inginkan, yaitu
four-wheel drive berkapasitas 272 kg, minimal mempunyai tiga kursi penumpang, dan berbobot mati kurang dari 544 kg.
Setelah mempublikasikan spesifikasi tersebut, militer AS memperkirakan akan banyak produsen mobil yang akan berlomba mendapatkan kontrak untuk memproduksinya. Nyatanya hanya tiga produsen yang tertarik, yaitu
American Bantam, Ford, dan Willys-Overland.
Setelah menjalani proses seleksi, mobil produksi Willys-Overland keluar sebagai pemenang. Namun, mobil ini tetap belum memenuhi syarat. Bobot matinya masih lebih berat 113 kg daripada yang disyaratkan.
Willys-Overland nyaris kehilangan kontrak tersebut. Namun, perbaikan terakhir yang dilakukan Delmar ‘Barney’ Roos, ketua proyek militer dari Willys, berhasil membuat mobil produk mereka diterima.
Ross memerintahkan mobil ini dibongkar. Sekrup, mur, baut, serta penjepit yang digunakan dibuat menjadi lebih pendek dan kecil, bodi dan
fender diganti menggunakan baja yang lebih ringan.
Rangka mobil itu pun diganti menggunakan baja yang lebih ringan. Cat mobil pun dikurangi, dari dua lapis menjadi hanya satu lapis. Aksi Roos dan para krunya ini berhasil mengurangi berat mobil ini sebesar 119 kg.
Pada Juli 1941, militer AS memesan ribuan mobil jenis itu kepada Willys-Overland. Mereka menyebutnya sebagai
Truck, quarter ton, four by four, command reconaissance. Namun, nama itu dianggap terlalu panjang dan para serdadu AS akhirnya memanggil mobil produksi Willys-Overland ini dengan sebutan jip.


Ada bermacam teori tentang asal muasal nama Jeep.
Teori I
Jeep berasal dari jip Bantam tipe pertama, Bantam General Purpose Vehicle,yang disingkat menjadi GPV. Karena tentara doyan main plesetan,GP berubah jadi Jeep.
Teori II
Asalnya dari Katherine Hillyer,seorang jurnalis wanita,yang sengaja menyebut GP menjadi Jeep. Istilah ini lalu dipublikasikan di harian Washington Daily News pada tanggal 16 Maret 1941, sejak itulah nama Jeep jadi popular.
Teori III
Jeep berasal dari nama ‘ Jeepers Creepers’ sesosok mahluk misterius dalam komik Popeye The Sailormoon…eh,Sailorman…:D yang terbit di Daily Times pada 22 April 1940. Karena tokoh itu sakti dan bisa melakukan apa aja, tentara menyimpulkan nama itu cocok untuk si Jip.
Dalam komik itu, nama Jeep sendiri diberikan karena mahluk itu bersuara “ Jeep-Jeep !”
Konon yang pertama kali memberi istilah itu adalah seorang Letnan Angkatan Darat AS bernama James O’Briem. “ Saya mengambil kumpulan surat kabar usang dari bawah jok, ternyata ada komik itu, ketika membaca, mendadak dapat ilham untuk menamai kendaraan itu ‘Jeep’,” tutur O’Briem dalam Daily Times. Tapi akhir tahun1940-an, Willys –Overland menuntutnya atas pelanggaran hak cipta.
Teori IV
Willys – Overland mengklaim bahwa merekalah pencipta nama Jeep, sebagai julukan yang diberikan pada Willys-MA. Toh pengakuan ini dibantah American Bantam Car Company, hingga kasusnya melibatkan pengadilan pada 1943. Hasilnya, pengadilan menyatakan Bantam yang berhak memegang hak cipta nama itu, tapi tak sampai setahun kemudian, Willys-Overland membeli hak ciptanya. Hingga sekarang , nama ‘ Jeep ‘ tetap milik mereka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: