Asal Mula Majorette – Die Cast

8 Nov

Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia – Enggak lupa asal-usul, Majorette setia membuat die-cast mobil Perancis.

Kenal dong sama Majorette..? Pembuat die cast dari Perancis ini sudah lama eksis di dunia die cast. Walaupun sekarang sudah enggak diproduksi di Perancis lagi, tapi sampai sekarang masih banyak membuat die cast mobil Perancis seperti di awal kemunculannya.

Majorette sebenarnya bukan pemain baru di dunia die cast. Malah Majorette sudah berdiri sejak tahun 1961. Majorette di dirikan di Perancis oleh Emile Veron dan menjadi pabrik mainan pertama di Perancis yang membuat mobil-mobilan die cast. Sejak awal, Majorette sudah berkonsentrasi membuat die cast skala 1:64.

Pada awal kemunculannya, Majorette masih diproduksi di Perancis. Selain membuat die cast mobil-mobil Perancis dan Eropa lainnya, Majorette juga membuat die cast mobil-mobil Amerika serta mobil Jepang. Soalnya, selain di produksi dan dipasarkan di Perancis, sejak awal Majorette juga dipasarkan untuk ekspor. Makanya tahun 1982 Majorette sampai membuat cabang di Amerika .

Ngomongin soal mobil-mobilnya di era 1970-an, Majorette sangat dihormati karena kepiawaiannya membuat die cast yang sangat detail. Misalnya lampu depan terbuat dari plastik sehingga mirip aslinya. Lampu belakang jika enggak terbuat dari plastik, dicetak langsung pada bodi logamnya.

Bahkan sampai bagian pelat nomor dibuat sedetail mungkin. Lalu bagian pintu bukan hany bisa dibuka, namun bisa ditutup secara empuk karena dilengkapi per. Bagian roda juga dilengkapi per. Bagian bodi dan las semuanya dari logam sehingga mantap dan kokoh.

Detail ini tetap dipertahankan sampai era 1980-an. Namun era ini juga ditandai dengan tren yang berkembang pada saat itu, yaitu warna cat yang terang dan sablon tulisan besar-besar. Pada beberapa model, juga dilengkapi dengan ban besar atau bodi digembungkan. Tahun 1980 Majorette juga membeli Solido perusahaan die cast lain dari Perancis.

Memasuki era 1990-an, produksi dipindahkan ke Thailand seiring kesulitan keuangan yang dialami Majorette. Demi efisiensi, beberapa detail seperti lampu yang terbuat dari plastik, fitur kayak pintu yang dilengkapi per dihilangkan. Bagian bawah mobil juga dibuat dari plastik dan per roda ditiadakan. Namun sekarang variannya lebih beragam.

Ciri Khas Majorette :
Walaupun sudah tidak dibuat di Perancis, tetap banyak mebuat diecast model mobil Perancis.

Walaupun sudah tidak dibuat di Perancis, tetap banyak mebuat diecast model mobil

Mayoret adalah produsen mainan Prancis yang kebanyakan memproduksi mobil kecil die-cast, khususnya dalam skala 1:64.

Sejarah
Didirikan pada tahun 1961 oleh Emile Veron, mayoret menjadi produsen mobil Perancis pertama miniatur. Sejak itu, perusahaan telah menghasilkan sejumlah besar kendaraan berlisensi, berfokus terutama di mobil sehari-hari, Perancis dan model Eropa pada khususnya. Ukuran standar sekitar tiga inci, skala ukuran bervariasi. Jelas, persaingan mainan utama adalah Matchbox dari Hackney, London. Meskipun mobil Prancis seperti Peugeot dan Renault yang umumnya direproduksi, Marques lain yang dicakup oleh mayoret termasuk kendaraan Amerika Utara dari General Motors, Ford, dan Chrysler dan merek Jepang Nissan dan Toyota.

Selain kehadiran penting dalam negeri mereka, melalui saluran komersial besar, mayoret sangat bergantung pada penjualan untuk pasar luar negeri. Pada tahun 1982 mayoret Amerika Serikat didirikan di Miami, Florida, meskipun model mayoret belum tersedia di AS sejak akhir 1990-an. Setelah dibeli oleh Smoby pada tahun 2003 menjadi Smoby-mayoret, perusahaan harus bercerai pada 2008 dari Smoby lagi dan akan dijual ke MI29, dana investasi Perancis yang memiliki Bigben Interaktif untuk € 3.900.000. Pada tahun 2009 mayoret itu bangkrut lagi, dan melalui sebuah pengadilan di Pengadilan Niaga Paris, penjualan yang diberikan kepada Simba-Dickie, yang membeli Smoby (pemilik sebelumnya mayoret’s).

Desain
Selama bertahun-tahun, mayoret telah disesuaikan dengan meningkatnya persaingan, dengan hasil yang beragam.

Pada awal 1970-mayoret membentuk reputasi membuat rinci, mobil berat berkualitas baik, menggabungkan fitur seperti membuka pintu dan kerudung, plastik tembus, dan sistem suspensi bermunculan. Berbeda dengan hari ini, pertengahan tahun 1970-an Majorettes merupakan model unggul untuk mobil Norev Minijet, seperti yang ditunjukkan oleh model CX Citroen dari kedua perusahaan – finish cat di mayoret lebih konsisten, dan kurang tebal diterapkan dibandingkan dengan Norev. Pintu di Majorettes anak cucu seperti suspensi. Pelat Nomor dan plastik rinci mengatur Majorettes tua terpisah dari Norevs. Kemudian, Norev menjadi unggul dalam kualitas. Lebih bagian plastik sekarang fitur pada mobil Norev dan logam dasar umum pada coran yang baru, berbeda dengan mayoret yang telah pindah downmarket dengan basis plastik, dan pencetakan tampo untuk lampu bukannya potongan plastik bening. roda Norev adalah replika rinci tentang hal yang nyata dibandingkan dengan penawaran umum mayoret’s. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: