Mobil apa yang paling aman buat keluarga?

8 Nov

Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia – Mobil apa yang paling aman buat keluarga? Mana yang harus dibeli untuk keselamatan mereka? Consumer Report (CR) menawarkan jawabannya lewat kajian komprehensif terhadap sejumlah hasil tes. Pengkajian serupa juga dilakukan Majalah Parents dan AAA (American Automobile Association) mengeluarkan nama sejumlah model yang disesuaikan bagi keluarga.

Analisa hasil tes terhadap 182 model yang pernah dilakukan untuk melihat sebaik apa kendaraan itu memenuhi kebutuhan keluarga saat ini. Guna mendapatkan hasil yang menyeluruh, CR juga mengkaji sejumlah penelitian keselamatan berkendara, termasuk data kecelakaan terakhir. CR juga memanfaatkan data tes tabrak dari NHTSA (National Highway Traffic Safety Administration) dan IIHS (Insurance Institute for Highway Safety) .
CR membagi dua katagori besar, yaitu mobil-mobil yang aman untuk buah hati kita bila mereka jadi penumpang dan bila mereka jadi pengemudinya. Untuk yang pertama, CR memberi skor family-friendly tinggi bila,
* Punya kapasitas tempat duduk tiga baris. Lengkap dengan seat belt.
* Parent and Kid-Friendly Features. Fitur ini mencakup kemudahan memasang kursi bayi/anak, adanya sistem accident-allert seperti OnStar, kemudahan akses untuk anak-anak naik turun sendiri, dan kursi belakang yang dilengkapi cup holder dan video entertainment.
* Safety features. termasuk rear backup camera yang dapat membantu mengurangi resiko kecelakaan dan terbukti mendapat pujian dari pengguna. Fitur ini bermanfaat pada mobil-mobil yang rear blind spot besar. Fitur ini lebih efektif dari sensor yang berkedip atau bersuara ketika ada benda dibelakang mobil. Beberapa waktu lalu, sebuah kecelakaan yang menewaskan bocah tiga tahun terjadi mid-size SUV ayahnya yang dokter anak tidak dilengkapi fitur ini. Peristiwa di salah satu kota di USA ini terjadi saat sang ayah memundurkan SUV-nya untuk masuk garasi. Tanpa disadari sang anak berdiri disana. Peristiwa tragis itu tidak bisa dielakkan.
Bila mereka jadi pengendaranya, terutama bila berusia 16 – 20 tahun, CR menekankan pada kendaraan dengan skor best emergency handling juga hasil tes tabrak dan uji dilintasan terbaik.
Kendaraan dengan akselerasi 0 – 100 km/jam yang lebih cepat dari 8 detik atau lebih lambat dari 11 detik dikeluarkan dari daftar. Karena yang pertama akan mengobarkan nafsu kebut-kebutan, seperti yang lain menyulitkan mereka masuk dalam aliran mobil di jalan raya.
Kebanyakan model terbaik untuk remaja adalah sedan, karena memiliki skor emergency-handling terbaik. Mobil pertama untuk remaja ada baiknya mobil bekas. Ketika membeli mobil bekas, pilih yang punya safety option seperti ABS, traction control, stability control, front and side airbags dan safety-belt pretensioners.
Yang harus diingat saat memilih mobil keluarga adalah, mobil-mobil berukuran kecil dan sedan lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar juga kemampuan untuk menghindari kecelakaan. Tapi tidak bisa dibandingkan dengan minivan dan SUV dalam hal fitur-fitur yang family-friendly seperti kapasitas tempat duduk.
Disisi lain, SUV dan minivan biasanya lebih boros bahan bakar dan lebih sulit dikendalikan serta punya resiko terguling lebih besar. Minivan dan SUV menawarkan perlindungan lebih baik pada tabrakan frontal. CR lebih merekomendasikan minivan karena menimbulkan kerusakan lebih kecil pada mobil lawan saat tabrakan.
Kendaraan terbaik buat remaja adalah sedan karena memberikan emergency handling lebih baik hingga bisa berkelit lebih lincah untuk menghindari kecelakaan. Meskipun SUV lebih mudah terguling, tapi SUV berbasis sedan punya resiko lebih kecil.
Kalau sudah ada mobil, inilah cara untuk memberi perlindungan lebih baik bagi anak-anak anda. Gunakan booster seat untuk anak-anak dibawah 8 tahun yang lebih pendek dari 145 cm. Tempatkan mereka selalu dikursi belakang untuk melindungi mereka dari benturan airbag yang sebenarnya dirancang untuk dewasa.
Pilih kendaraan yang aman untuk anak-anak (sejumlah model yang direkomendasi CR dan majalah Parent & AAA bisa dilihat dibawah).
Lindungi remaja. Ingatkan mereka untuk menggunakan safety belt, batasi kebebasan berkendara, terus menerus di ingatkan untuk berhati-hati dan didaftarkan pada kursus-kursus mengemudi, yang basic maupun advance.
Model-model yang direkomendasikan CR untuk kendaraan keluarga (seluruhnya punya fitur family-friendly yang sebanding).
Bila membutuhkan interior lega:
* Toyota Sienna (minivan)
* Honda Odyssey (minivan)
* Honda Pilot (SUV)
Untuk sedan:
* Volkswagen Passat (V6)
* Toyota Camry (V6)
* Honda Accord (V6)
Untuk remaja:
* Honda Accord (4-cyl)
* Subaru Forester (SUV)
* Volkswagen Passat (V6)
* Honda Civic
* Toyota Camry
Mobil keluarga versi majalah Parent dan AAA
Sedan:
* Honda Accord
* Toyota Camry
Sport Utility Vehicles (SUVS)
* Ford Explorer
* Volkswagen Touareg
* Nissan Murano
Minivans
* Toyota Sienna
* Nissan Quest
* Honda Odyssey (mobilku/*)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: