Sejarah Otomotif

8 Nov

Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia -Sejarah Otomotif , Sejarah otomotif atau automobile di mulai awal 1769 dengan dibuatnya mesin bertenaga uap yang mampu menjadi alat transportasi manusia. Pada tahun 1806, mobil pertama yang menggunakan mesin pembakaran internal berbahan bagakar Gas muncul, yang mengarah pada penemual mesin modern berbahan bakar bensin pada tahun 1885. hingga mobil listrik yang muncul pada abad ke- 20.

Beberapa orang itali tercatat sebagai perancang kendaraan bertenaga angin, yang pertama adalah rancangan Guido da Vigano pada tahun 1335, rancangan Vuturio hingga kemudian Leodardo Da Vinci yang merancang kendaraan beroda tiga yang berputar seperti jam dengan kemudi dan mekanisme roda.

Kendaraan Bermotor Pertama

Kendaraan pertama yang dapat bergerak dengan tenaga sendiri di rancang oleh Nicholas Joseph Cugnot dan di bangun oleh M. Brezin pada tahun 1769. Unit kedua dibuat pada tahun 1770 dengan berat 8000 pon dan memiliki kecepatan maksimal 2 mile perjam.

Kendaraan awal bertenaga sangat berat sihingga mereka bekerja pada medan yang rata dan kuat seperti besi. Sebuah jalan dibuat dari rel besi menjadi aturan untuk seratus dua puluh lima tahun. Kendaraan tersebut menjadi lebih besar dan akhirnya mampu menarik rangkaian gerbong yang di isi banyak muatan dan penumpang.

Mesin Motor Empat Tak

Beberapa pioneer awal otomotif dimulai dari dari mesin motor empat tak yang menggunakan bahan bakar bensin yang dapat dikatakan sebagai bentuk pendorong otomotif modern dibuat oleh penemu Jerman yaitu Nikolaus Otto 1876. yang diteruskan oleh insinyur Jerman yaitu Karl Benz yang menemukan beberapa teknologi mobil yang secara umum dikenal sebahai penemu automobile modern yang mendapat paten di Jerman pada tahun 1986. lalu George B. Shelden. Orang berkebangsaan Amerika ini memperoleh hak paten pada tahun 1879, paten Mr. Shelden ini tidak hanya mesin tapi juga penggunaannya pada kendaran beroda empat. Juga ditemukan mesin empat tak yang hampir mirip bertenaga diesel oleh penemu German Rudolf Diesel.

Mobil Bertenaga Bensin

Di amerika, John W. Lambert menemukan mobil bertenaga bensin pada tahun 1891 dan Duryea Brothers menjadi perusahaan pertama yang memproduksi dan menjual kendaraan tersebut kepada publik. Produksi kendaraan mobil berskala besar dimulai oleh Ransom Olds (Olds Mobile factory) pada tahun 1902. konsep ini kemudian secara signifikan diperluas oleh Henri Ford pada awal tahun 1914. Hingga Ford meluncurkan model-t yang sangat fenomenal. Mobil yang dilengkapi dengan sistem transmisi dan desain yang lebih baik. Model pertama diproduksi tahun 1908 dan terus mengalami perubahan hingga tahun 1980.

Kesuksesan Ford ini di adopsi oleh banyak perusahaan, yang terkenal dengan “Fordism – combination of high wages and high efficiency”. Kesuksesan ini sangat mendominasi dan cepat menyebar ke seluruh dunia.

Perkembangan teknologi otomotif sangatlah cepat. Dapat dilihat beratus-ratus manufaktur yang berkompetisi menarik perhatian dunia. Kunci dari perkembangan otomotof adalah pembakaran elektrik dan starrter listrik, suspensi dan rem pada roda empat. Maka sedikit demi sedikit berkembanglah kendaraan otomotif hingga mobil yang sekarang banyak digunakan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: